Sabtu, 14 Mei 2016

ALON(e)



            Ntah berasal dari apa tiba-tiba aku menggunakan kata ini. Sudah hampir lima bulan kata ini menjadi status di sosial media ku. Ada sebagian dari teman-teman yang mencoba untuk menanyakan “apa artinya itu ALON(e)?”.” Teralu panjang kalau mau menjelaskanya.” Jawabku. Padahal aku juga tidak begitu mengetahui apa arti ataupun filosofi dari kata itu.
            Tapi dalam tulisan ini, aku mencoba untuk menjelaskan. Meskipun jawabannya ngawur dan kelihatan banget kalo ngarang.
            Jadi penjelasannya dalam kata ALON(e) itu terdapat dua kata. Dua kata tersebut berasal dari dua bahasa yang berbeda. Serta dua kata tersebut merupakan perwakilan dari kehidupan dan isi hati ku.
            Yang pertama dari bahasa inggis yakni kata ALONE yang dapat diartikan sendirian. Seperti penjelasan dia atas, jadi kondisi sayasaat ini sedang sendirian. sendirian disini bukan berarti aku hidup sendiri di dunia ini. Iya aku masih punya keluarga, sahabat, teman dll. Pokoknya kalian tau sendirikan, sendirian disini maksutnya apa.
Kenapa saya tidak menggunkan kata jomblo atau single. Karena dua kata tersebut punya arti yang hampir sama. Meskipun kata alone juga punya arti yang hampir sama juga. Tapi setidaknya cari kata yang berbeda. Hehe
            Kemudian yang kedua berasal dari bahasa jawa yakni ALON yaang dapat di artikan lambat. Jadi maksudnya dalam mencari pasangan (pacar) saya tidak terburu-buru. (Padahal penulisnya ini memang gak laku). Dalam mencari pasangan (pacar) itu perlu kehati-hatian. Seperti kata alon  jika diucapkan menggunakan kata ulang alon-alondapat diartikan juga hati-hati.
Tapi jika kamu terlalu lama dalam mencari pasangan (pacar) dan kamu tidak dapat-dapat. Kamu perlu menyiapkan mental yang kuat, karena biarsiaplah kamu akan mandapat bully-an dari teman-teman kalian.
Seperti yang sudah dia alami oleh saya, ALON(e) selama 3 tahun. Bully-an dan hinanaan sudah jadi makan sehari-hari. Bahkan sampai-sampai kesendirian sudah lelah menemani saya. (sedikit curhat)
            Kemarin juga ada yang nanyain “kenapa ada (e) dibelakang?”
Jadi yang terakhir huruf (e) itu  berasal dari kata existenceyang dapat diartikan keadaan hidup. Yakni keadaan hidup yang seperti ini (sendirian) yang sedang di alami penulis. Dan  hal tersebut juga merupakan sebuah komitmen. Komitmen samapai dapat orang yang tepat. 
            Jadi seperti itulah yang bisa penulis jelaskan mengenai ALON(e). Kalau masih belum jelas silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar